Selasa, 13 April 2010

ayam kecik bumbu gongso

kenapa aku kasih nama masakanku hari ini dengan nama "ayam kecik bumbu gongso" karena pas aku beli ayam di pasar aku maunya ayam yang udah potongan kecil-kecil sekecil biji skrikayaa dengan nama lain kecik.

aku masak ini karena rasa kangenku dengan gongso dari semarang yang adanya di sampangan. wah uenaknya puolll banget. makanya kau nyoba masak sendiri dengan kreasiku sendiri, ternyata gak kalah uenaknya, malah lebih maknyuzzz!!

pertama-tama ayam di ungkep terlebih dahulu dimasak dengan bumbu bacem selama 20menit. lalu setelah itu, ayam yang sudah di ungkep digoreng sebentar jangan terlalu kering. setelah ayam digoreng, baru bisa di masak dengan bumbu gongso.

bahan-bahan

1/2kg ayam "beli bagian paha atas yang sudah di potong kecil-kecil"

bumbu bacem :
4siung bawang merah
5siung bawang putih
1sendok teh ketumbar
1siung kecil kunir
1siung laos
2lembar daun salam
1butir gula merah
1 sendok teh garam

bahan gongso :
3siung bawang merah
4siung bawang putih
5buah cabe merah keriting
5buah cabe rawit merah
1/2 buah tomat
3sendok makan kecap
1sendok teh garam

cara membuat
pertama, kita haluskan bumbu bacem kecuali daun salam dan laos. kemudian ungkep ayam yang sudah dibersihkan dengan bumbu yang sudah di haluskan serta laos dan daun salam tersebut selama 20menit.

setelah 20menit, tiriskan ayam yang telah di ungkep tersebut kemudian di goreng sebentar jangan terlalu kering.

siapkan bumbu untuk gongso. agar lebih mempermudah untuk menghaluskan bumbu tersebut, anda bisa merebus kecuali tomat. kemudian haluskan semua bumbu tersebut lalu di goreng bumbu yang telah dihaluskan hingga baunya harum, lalu masukkan sedikit air, kemudian masukkan ayam yang telah digoreng. kemudian tambahkan kecap,garam, dan sedikit penyedap rasa sesuai selera, tunggu hingga bumbu mulai meresap. untuk lebih nikmat tambahkan sedikit irisan kubis saat memasak gongso. setelah matang, tambahkan taburan bawang goreng untuk lebih lezatnya.

selamat mencoba msakan kreasiku ya,,,dijamin maknyuz wizz!!!

Tidak ada komentar: